Liferaft merupakan salah satu alat keselamatan yang penting pada kapal. Alat keselamatan pada umumnya, harus dilakukan service (pengecheckan dan perbaikan) liferaft secara berkala.
Beberapa alasan perlunya dilakukan service liferaft yaitu :
- Annual Service mengurangi resiko adanya masalah yang timbul saat liferaft akan digunakan pada kondisi darurat. Masalah yang timbul bisa berupa kegagalan saat akan dikembangkan sehingga liferaft tidak dapat digunakan.
- Adanya beberapa barang yang terdapat didalam liferaft yang memiliki masa kadaluarsa. Food Ration (makanan darurat), Drinking Water (minuman darurat) dan phyro technic harus dilakukan pergantian agar dapat digunakan pada kondisi darurat. Disamping itu perlu adanya pengujian terhadap alat-alat yang ada seperti senter, dayung, kaca, dll untuk memastikan alat tersebut dapat berfungsi dengan baik saat digunakan pada kondisi darurat.
Service liferaft bukan hanya berarti pengecheckan dan perbaikan liferaft secara berkala. namun service liferaft harus didampingi dan diawasi oleh otoritas yang berwenang (Kesyahbandaran atau Class) dan dilakukan oleh teknisi yang bersertifikat (telah mengikuti training). Service liferaft dilakukan setiap tahun sebelum masa berlaku sertifikat liferaft tersebut habis.
Service station yang dapat melakukan service liferaft dan menerbitkan sertifikat kelayakan liferaft memiliki beberapa persyaratan sebagai berikut :
Service station yang dapat melakukan service liferaft dan menerbitkan sertifikat kelayakan liferaft memiliki beberapa persyaratan sebagai berikut :
- Memiliki teknisi yang bersertifikat Dimana sertifikat yang menyatakan teknisi memiliki keahlian untuk melakukan service liferaft didapat setelah mengikuti training. Sertifikat kompetensi ini hanya berlaku selama 2 (dua) tahun. Sangat penting untuk memastikan teknisi yang melakukan service liferaft memiliki sertifikat keahlian yang masih berlaku
- Memiliki workshop yang sesuai standard. Penting untuk memastikan workshop yang digunakan untuk service liferaft merupakan workshop yang terstandarisasi, agar dalam pelaksanaan service tidak malah membuat kerusakan dan menambah masalah pada liferaft.
- Didampingi dan diawasi oleh otoritas yang berwenang. Hal ini untuk mengurangi adanya resiko kesalahan prosedur dalam pelaksanaan service liferaft.
Langkah-langkah yang harus dilakukan saat service liferaft yaitu :
- Pemeriksaan menyeluruh pada kondisi tampilan liferaft. Secara visual terlihat perbedaan tampilan liferaft yang masih layak dan yang sudah tidak layak
- Pengujian kelayakan liferaft dengan mengisi tekanan menggunakan compressor. Liferaft yang layak dapat diisi tekanan maksimal.
- Barang dan alat yang tersimpan di liferaft dicheck kondisi dan tanggal kadaluarsanya. Termasuk memastikan tabung CO2 yang digunakan untuk mengembangkan liferaft masih terisi tekanan penuh.
- Langkah selanjutnya setelah pengecheckan dan pergantian yang diperlukan selesai, liferaft dilipat dan di pack kembali. Liferaft dilipat sesuai dengan cara produsen melipat liferaft dan memasukan kembali liferaft kedalam container.
- Langkah terakhir setelah semua prosedur selesai, diterbitkan sertifikat yang menyatakan kelayakan liferaft.
CV. CIPTA KARYA SAMUDERA merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pelayaran dan memiliki ijin untuk melakukan service liferaft & pemadam serta menerbitkan sertifikat untuk alat tersebut.
Kami didukung oleh SDM yang berkompetensi, workshop yang terstandarisasi dan ijin yang lengkap, sejak tahun 2013 CV. CIPTA KARYA SAMUDERA telah mengambil bagian sebagai perusahaan yang melakukan service alat-alat keselamatan kapal-kapal tugboat, cargo, penumpang, tanker diberbagai pelabuhan di Indonesia.
DOKUMENTASI SERVICE LIFERAFT CKS
Service Liferaft 25 PERSON
Service Liferaft KM. IBRAHIM ZAHIER
Supply Food dan drinking water, phyro tehnik and P3K
Supply Food and dringking water, phyro tehnik, dan P3K
Service Liferaft KM. SANTIKA NUSANTARA
Service Liferaft KM. MADANI NUSANTARA
Service Liferaft TB. Buleleng
Lion JT 610 pada tanggal 29 Oktober 2018 di Tanjung Karawang Jawa Barat yang membawa 187 penumpang sedianya akan bertolak menuju ke pangkal pinang. Pukul 8.30 wib sudah dikonfirmasi bahwa pesawat Lion mengalami kres dilaut oleh nelayan setempat. Dipastikan tidak ada penumpang pesawat yang selamat. Singkat cerita penyebab kecelakaan dikarenakan ada bagian mesin yang tidak berfungsi dengan baik.
Bulan Juni 2018 juga terjadi kecelakaan Kapal Sinar Bangun di Danau Toba yang menawaskan sekitar 180 penumpang. Musibah kecelakaan transportasi di Indonesia salah satu faktornya adalah Tingkat kesadaran stackholder transportasi keselamatan.
Seharusnya jika alat keselamatan dikapal dilakukan perawatan (liferaft, skoci, lifeboat, lifejaket) dilakukan perawatan rutin dan disosialisasikan dengan benar musibah yang merengkut banyaknya nyawa akan diminimalisir. adalah akan menjadi tanggung jawab bersama seluruh stickholder transportasi di indonesia untuk mengkampanyekan kedisiplinan dan kesedaran akan keselamatan trasportasi.
Sebagai salah satu sarana yang efektif dalam mengkampanyekan kesadaran keselamatan trasportasi diperlukan dengan cara yang kreatif dan kekinian. misalkan melalui media sosial, spanduk-spanduk yang ditempatkan di tempat yang strategis. atau bisa melalui media yang kreatif seperti Kaos Pelaut atau atau aksesoris lainnya.
Sehingga mudah terbaca dan terkesan tidak menggurui.
Hubungi Kami :
Head Office
Head Office
CV. CIPTA KARYA SAMUDERA
Jl. Kwaron I No. 100, Bangetayu Kulon, Genuk,
Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah
Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah
Hp. 081318732864 (M. Fiki)
Email: ciptasamudera@yahoo.com
Email: ciptasamudera@yahoo.com
Site Office
CV. CIPTA KARYA SAMUDERA
Sidanegara Indah Blok 3 No. 79, Sidanegara
Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah
Hp. 081392727777 (Selly)
Email: ciptasamudera@yahoo.com
CV. CIPTA KARYA SAMUDERA
Sidanegara Indah Blok 3 No. 79, Sidanegara
Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah
Hp. 081392727777 (Selly)
Email: ciptasamudera@yahoo.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar